Makanan penutup Serradura atau dikenal juga dengan puding serbuk gergaji adalah salah satu makanan penutup tradisional asal Portugis yang paling mudah dibuat. Serradura yang berarti “serbuk gergaji” dalam bahasa Portugis ini dinamakan demikian, karena topping biskuit marie yang dihancurkan menyerupai serbuk gergaji.
 
Rata-rata di setiap restoran Portugis menyajikan makanan penutup ini yang dibawa oleh masyarakat Makau, sebuah pulau di lepas pantai daratan Cina, sebuah negara kecil bekas jajahan Portugis. Interaksi antara kedua negara ini menjadi asal muasal makanan penutup ini menjadi makanan yang banyak disajikan oleh orang Portugis.
 
Awalnya, serradura terbuat dari campuran biskuit untuk minum teh atau biskuit Marie. Serradura sangat mudah dibuat dan hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana. Seluruh proses tidak akan memakan waktu lebih dari sepuluh menit. Kebanyakan orang menyukainya karena kesederhanaan dan rasanya yang enak. Ini adalah makanan penutup yang disajikan dingin dan menjadi suguhan yang sempurna saat cuaca terik  untuk mengesankan keluarga ataupun tamu Anda.
 
Resep Vanilla Serradura
 
Bahan Chantilly Cream:
 
100 g     biskuit vanilla/cokelat 
50 g      margarin (cair)
 
100 g     Haan Wippy Cream
1 pak      Haan Ice Cream Mix Vanilla
300 ml   air es
 
Cara Membuat:
1. Hancurkan biskuit vanilla/cokelat kemudian tambahkan margarin cair, aduk rata, sisihkan.
2. Campur Haan Ice Cream Vanilla dan Haan Wippy Cream dalam wadah, tambahkan air es lalu mixer dengan kecepatan sedang hingga menjadi whipped cream, angkat sisihkan.
 
Penyelesaian:
1. Siapkan gelas saji, masukkan campuran biskut dan margarin di lapisan bawah,  lalu tambahkan whipped cream di atas biskuit. 
2. Lakukan secara berulang hingga setinggi gelas.
3. Sajikan dengan potongan strawberry.